-=[ Klick Go To My Homepage ]=-














!!Catatan Si Hitam!!
!!http://cekouff.blogspot.com/!!
0

Arti Script pada HTML

Rabu, 12 Desember 2012
Share this Article on :

http://cekouff.blogspot.com/



Berikut contoh Script yang ada pada HTML :

< html>* = Script umum yg wajib digunakan klo mau bikin HTML
< head>* = Script yg digunakan untuk membuat kepala HTML
< title>* = Script untuk judul
< body>* = Script untuk isi HTML
< h1> - < h6>* = Script untuk ukuran font pada title
< p> = Script untuk pemberian paragraf.
< br> = Script untuk pemberian line baru. Seperti enter.
< b>* = Bold
< i>* = Italic
< u>* = Underline
< strong>* = Huruf menjadi tebal (mirip Bold)
< code>* = Huruf menjadi font Courier
< tt>* = Huruf menjadi font Teletype Writer
< sampp>* = Huruf menjadi font Code
< pre>* = Preformated Text. Semua spasi yang bukan script akan sama letaknya dengan yang ditulis. 
< ul>* = Membuat bullet. Pada line berikutnya harus ditulis < li> sebelum mengetik
< ol>* = Membuat angka. Sama seperti yg diatas
< caption> = Seperti bikin judul. Bedanya ini digunakan di
< table border> = Gunanya untuk bikin tabel. Kalo selesai bikin tabel, tulisnya
< tr>* = Membuat baris pada tabel
< td> = Membuat kolom pada tabel
< th> = Table Header, membuat kolom judul 


< table border>,< tr>,< td> dan < th> digunakan bersama klo mo bikin tabel.


< align=....> = Untuk mengatur letak tulisan. Klo kanan, right. Tengah, center dst. Klo mau ngatur letak judul, tulis awalan div. Jadinya < div align=...>

< colspan=....> = Untuk menggabungkan sekian kolom menjadi satu. (Isi bagian yang ksg. Kalau diisi dengan 3, maka 3 kolom menjadi satu

< rowspan=...> = Untuk menggabungkan sekian baris menjadi satu. (Isi bagian yang ksg. Kalau diisi dengan 5, maka 5 baris menjadi satu

< cellpadding=...> = Untuk memberi jarak antara setiap konten spt. kolom dan baris. (Isi bagian yang ksg. Semakin tinggi nilai yang diberikan semakin jauh jaraknya. Biasa diletakkan sesudah < table>. Sehingga menjadi < table cellpadding=...>

< width=...> = Untuk melebarkan tabel. Diisi dengan angka biasa maupun persentase
< font size=...> = Untuk mengubah ukuran font. (+) untuk memperbesar, (-) untuk memperkecil.
Contoh : < font size=+2>

< font face="......"> = Untuk mengubah tipe font. Untuk mempermudah, buka MS Word. Karena bagian ini case sensitive. Contoh : < font face="Comic Sans MS">


< a href="......"> = Untuk menyisipkan Hyperlink


Contoh script title :

< html>
< head>
< title>Judul Website< /title>
< /head>
< body>
< h1> h1 akan membuat tulisan berubah ukuran< /h1>
< h2> h2 akan membuat tulisan berubah ukuran< /h2>
< h3> h3 akan membuat tulisan berubah ukuran< /h3>
< h4> h4 akan membuat tulisan berubah ukuran< /h4>
< h5> h5 akan membuat tulisan berubah ukuran< /h5>
< /body>

Contoh script font :

< html>
< head>
< title>Mengubah style font< /title>
< /head>
< body>
< b>Tulisan tebal< /b>
< br>
< i>Tulisan miring< /i>
< br>
< u>Garis bawah< /u>
< br>
< strong>Mirip seperti bold< /strong>
< br>
< code>Font mirip Courier< /code>
< br>
< em>Mirip seperti italic< /em>
< br>
< tt>Font teletype writer< /tt>
< br>
< sampp>Mirip kode< /sampp>
< br>
< center>Tulisan ditengah-tengah< /center>
< /body>
< /html>

Contoh script tabel :

< html>
< head>
< title>Tabel sederhana
< /head>
< body>
< table border=1>
< tr>
< td>Kolom pertama
< td>Kolom kedua
< td>Kolom ketiga
< /tr>
< tr>
< td>Satu
< td>Dua
< td>Tiga
< /tr>
< /body>
< /html>


*di akhir script, ketikkan script dengan slash untuk mengakhiri fungsi script.

Contoh : < b>Contoh Tulisan< /b>


Sebenarnya script-script ini tidak menggunakan spasi, terpaksa menggunakannya karena Script tsb. akan bergerak kalo mengetiknya dgn benar.




Demikianlah Script-Script umum yang dipergunakan. Sekian dari saya.


Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

Read more: http://blogkomputer12.blogspot.com/2012/06/tips-memasang-widget-untuk-mempercantik.html#ixzz2CsoLdPTs

Blogger news

Column 1

Musik

Pages

Popular Posts