DAFTAR ISI
Sampul
Depan ............................................................................................................... i
Daftar
Isi ........................................................................................................................ ii
Kata
Pengantar iii
Bab
I Pendahuluan ....................................................................................................... 1
Bab
II Pembahasan ....................................................................................................... 2
1.
Pegertian
Audio ............................................................................................. 2
2.
Audio
Analog dan Digital ............................................................................. 2
3.
Macam
– Macam Audio ................................................................................ 2
4.
Format
Audio ................................................................................................. 3
5.
Software
Editing Audio ................................................................................ 5
Bab
III Penutup ............................................................................................................ 10
Daftar
Pustaka
|
KATA PENGANTAR
ASSALAMU’ALAIKUM
WR.WB
Syukur alhamdulilah kami panjatkan kehadirat Allah
SWT, karena atas limpahan Rahmat & karuniaNya dalam penyusunan makalah,
oleh Mahasiswa fakultas Teknologi
Informasi Jurusan Sistem Informasi Universitas
19 November kolaka dapat terlaksana dengan baik.
Adapun yang di tulis dalam Makalah ini adalah hasil
kerjasama oleh kelompok III sehingga dapat tercapai sesuai dengan apa yang
diinginkan. Selama dalam penyusunan Makalah Multimedia ini, kami banyak menemukan kesulitan baik secara material maupun mental, namun berkat &
bantuan dari berbagai pihak dengan penuh kesabaran & perjuangan, akhirnya
kami dapat menyelesaikan Makalah ini
sebagaimana yang di harapkan, oleh karena itu beranjak dari sebuah
kesadaran & kerendahan hati sebagai
hamba ALLAH SWT.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa dalam Makalah ini belum melahirkan
sebuah kontribusi yang berguna dan masih jauh dari kesempurnaan, walaupun demikian, kami telah berusaha semaksimal mungkin
untuk mendekati kebenarannya. Untuk itu, saran & kritik
yang sifatnya membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan penulisan ini,
Akhirnya kami berharap semoga laporan
ini yang penuh dengan kesederhanaannya dapat bermanfaat untuk semua &
khususnya bagi kami.
|
|
BAB
I
PENDAHULUAN
Panduan untuk mengetahui multimedia harus dimulai dengan
definisi atau pengertian multimedia. Dalam industri elektronika, multimedia
adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) atau multimedia secara
umum merupakan kombinasi tiga elemen yaitu, suara, gambar dan teks (Mc Cormick,
1996) atau multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau
output dari data, media ini dapat berupa audio (suara,musik), animasi, video,
teks, grafik dan gambar (Turban dan Kawan-kawan), 2002) atau multimedia
merupakan alat yang menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001).
Definisi lain dari multimedia yaitu dengan menempatkannya
dalam konteks, seperti yang dilakukan oleh Hoftsteter (2001), multimedia adalah
pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video
dan animasi dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan
navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting
multimedia.
1. Pertama, harus ada komputer yang
mengkoordinasi apa yang dilihat dan didengar yang berinteraksi dengan kita.
2. Kedua, harus ada link yang
menghubungkan kita dengan informasi.
3. Ketiga, harus ada alat navigasi yang
memandu kita, menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung.
4. Keempat, multimedia menyediakan
tempat kepada kita untuk mengumpulkan, memproses dan mengkomunikasikan
informasi dan ide kita sendiri.
|
BAB II
PEMBAHASAN
1.
Pengertian Audio (Suara)
Dalam multimedia, salah satu elemen
yang ada di dalamnya adalah audio atau suara. Berdasarkan pakar
multimedia yang bernama Lu, pada tahun 1999, mengatakan bahwa pengertian suara
(audio) adalah sesuatu yang disebabkan perubahan tekanan udara yang
menjangkau gendang telinga manusia. Sedangkan berdasarkan pakar yang
lain, bernama Andleigh, pada tahun 1995, mengatakan jika frekuensi tekanan
udara berada pada jarak 20 sampai 20.000 Hz, telinga manusia mengidentifikasi
sebagai suara. Jika suara diperdengarkan lebih cepat dari saat direkam maka
akan menyebabkan suara menjadi abnormal.
2.
Audio Analog dan Digital
Ø Audio
Analog
Salah satu cabang ilmu fisika yang
mempelajari suara atau audio disebut dengan akustika. Suara asli di alam merambat seperti gelombang dengan
kecepatan 750 mph (pada tingkat laut). Suara gelombang ini bervariasi dalam
tingkatan tekanan suara/amplitude (Tekanan
suara diukur dalam satuan decibel (dB)
) dan dalam frekuensi atau
pitch. Jumlah waktu yang diperlukan untuk terjadinya suatu getaran atau
gelombang disebut Periode (T).
Sedangkan jumlah gelombang yang terjadi setiap detik dinamakan frekuensi (f) dengan satuan m/dt (Hz).
Ø Audio
Digital
Saat ini computer sudah terintegrasi
dengan perangkat yang dapat membangkitkan sinyal suara dengan sangat
baik. Sinyal suara pada perangkat computer merupakan representasi suara
di alam (suara sesungguhnya) yang disimpan dalam kode-kode digital computer.
3.
Macam – Macam Audio
|
Ø Audio
Visual Perangkat soundsistem yang dilengkapi dengan penampilan gambar, biasanya
digunakan untuk presentasi, home theater dan sebagainya.
Ø Audio
Streaming istilah yang dipergunakan untuk mendengarkan siaran secara live
melalui Internet. Berbeda dengan cara lain, yakni men-download file dan
menjalankannya di komputer kita bila download-nya sudah selesai, dengan
streaming kita dapat mendengarnya langsung tanpa perlu mendownload file-nya
sekaligus. Ada bermacam-macam audio streaming, misalnya Winamp (mp3), RealAudio
(ram) dan radio.
Ø Audio
Response Suara yang dihasilkan oleh komputer. Output pembicaraan yang
dihasilkan komputer untuk menanggapi input jenis khusus, misalnya permintaan
nomor telepon.
Ø Audio
Oscillator Merupakan produk dari perusahaan Hewlett Packard yang pertama.
Produk ini digunakan oleh Walt Disney Studios dalam pembuatan filmnya.
Ø Audio
Modem Riser Sebuah kartu plug-in untuk motherboard Intel yang memuat sirkuit
audio dan atau sirkuit modem. AMR memuat fungsi-fungsi analog (kode-kode) yang
dipelukan untuk operasi modem dan atau audio.
4.
Format Audio
Audio atau suara memiliki beberapa
format yang berbeda-beda tergantung dari penggunaan platformnya. Masing-masing
format biasanya diikuti dengan perbedaan struktur berkas yang membentuk audio tersebut.
Sebagai contoh kita bias lihat beberapa format audio dibawah :
Ø AAC ( Advance Audio Codec ) : adalah format audio yang
dikembangkan oleh Motion Picture Expert Group ( Fraunhofer Institute, Dolby,
Sony, Nokia dan AT&T ) untuk menggantikan MP3. Ini perluasan dari MPEG-2
standard dan mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan MP3, kompresi yang
lebih effisien dengan kualitas suara audio yang lebih baik.
Ø AIFF ( Audio Interchange File Format
) :
merupakan format file yang tidak dikompres, yang dikembangkan oleh Apple pada
Machintosh dan platform Unix.
|
Ø MP3 ( MPEG-1/2 Audio Layer 3 ) :
adalah format audio yang paling populer. Menggunakan algoritma audio lossy
compression untuk mengurangi ukuran file, sambil memproduksi kembali lagi
aslinya. MP3 dikembangkan di German Fraunhofer Institute dan berbasis format
MPEG ( lihat format video) dan dapat berjalan di semua platform.
Ø RA (Real Audio) : adalah codec audio yang
dikembangkan oleh Real Networks pada tahun 1995. Codec ini awalnya dikembangkan
untuk transmisi bandwith rendah. Dapat digunakan untuk streaming informasi
audio dan dapat berjalan saat file audio tersebut masih didownload. RealAudio
banyak digunakan oleh statiun radio untuk streaming program-program mereka via
internet secara real time.
Ø WAV (
Waveform Audio Format
) : adalah standar audio yang
dikembangkan oleh Microsoft dan IBM, WAV dan juga merupakan salah
satu format audio yang dipergunakan di dalam ponsel dalam format ini biasanya
berukuran besar karena tidak dikompresi.
Ø WMA ( Window Media Audio ) : merupakan salah
satu format audio yang dikembangkan oleh Microsoft. Kualitas musik yang
ditawarkan format WMA lebih baik daripada MP3. Peranti lunak dan peranti keras
terbaru umumnya mendukung format ini. Namun dukungan ponsel belum seluas format
MP3.
Ø MIDI
(
Musical Instrument Digital Interface ) yaitu file suara yang hanya
terdiri dari bunyi alat musik. Format audio satu ini lebih cocok untuk suara
yang dihasilkan oleh synthesizer atar peranti elektronik lainnya, tetapi tidak
cocok untuk hasil konversi dari suara analog karena tidak terlalu akurat. File
dengan format ini berukuran kecil dan sering digunakan dalam ponsel sebagai
ringtone.
|
5.
Software Editing Audio
Software-software yang biasa
digunakan dalam mengedit atau mengubah suara
adalah Cool Edit Pro, Nuendo, Cubase, Fruity Loops, Pro Tools, Sonar,
Sony Soundforge, Wavelab, dan masih banyak software-software editing audio
lainnya.
Dari berbagai macam Software Editing
Audio diatas kita ambil satu contoh dalam mengedit audio adalah Cool Edit Pro. Misalnya dapat dilihat langkah-langkah
sederhana Memberi
background lagu pada rekaman :
§ Memulai
Double klik pada shortcut cool pro,
lalu tunggu proses loading
§ Merekam
Klik pada tombol merah, setelah selesai
merekam klik kembali tombol merah tersebut.
|
§ Gunakan
tipe standar dalam mengedit
Setelah merekam > buat waveform
baru > akan menemukan beberapa pengaturan > Sebaiknya dalam mengedit
audio gunakan tipe standar, misalnya : Ukuran Rate Audio = 44100, channels =
Stereo dan Resolution = 16-bit
§ Membuang suara yang tak di inginkan
(cut )
Blok bagian suara yang tidak
diinginkan lalu klik kanan-cut
|
§ Memberi background lagu
Caranya open file lagu yang kita
inginkan > blok sebagian dari lagu
> buka halaman baru(file-new) > klik kanan paste pada channel kanan
(right) > lalu tempatkan(copy-paste) suara kita di channel kiri. Atur
kesesuaian suara dengan background.
|
§ Convert stereo to mono
Untuk merubah output suara dari sistem
dua arah (stereo) ke sistem satu arah (mono) . Caranya adalah blok seluruh
bagian suara > lalu buka halaman baru Klik kanan paste satu per satu dari
kedua channel. Kemudian atur kembali pengaturan yang diinginkan atau bisa juga
dengan cara ke Menu File > lalu pilih Batch File Converter.
|
Tambahan
Jika Kita ingin mengeraskan suara
kita blok seluruh suara > klik pada menu effect > amplitude
> amplifly
pilih dengan akhiran Db boost Dan
kita pilih Db cut untuk mengecilkan
suara > Ok. Untuk menyimpan
file, kita klik file > save as > pilih tipe file (Mp3) > options
untuk menentukan kbps-lalu ok.
|
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan
Ibarat dua sisi mata uang, dalam
multimedia pembelajaran berbasis unsur audio tidak dapat dipisahkan dengan
unsur visual. Unsur audio merupakan sarana untuk menyampaikan informasi tentang
esensi persoalan yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan melalui
multimedia pembelajaran. Selain itu, unsur audio juga merupakan unsur penarik
perhatian Mahasiswa dan masyarakat pada umumnya agar menyimak isi pesan yang
dikomunikasikan. Dan yang lebih dahsyat lagi, unsur audio dapat dimanfaatkan
untuk memperkaya imajinasi.
|
DAFTAR PUSTAKA
M. Suyanto. 2003. MULTIMEDIA Alat untuk Meningkatkan
Keunggulan Bersaing. ANDI OFFSET. Yogyakarta.
Format Audio. 2011 . http://ginigitu.com/tips-trik/perbedaan-format-audio.htm.
Rudi Prasetyo. 2007. Komunitas eLearning Ilmukomputer.com
1 komentar:
Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai makalah multimedia audio in. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai sistem multimedia yang bisa anda kunjungi di Sistem Multimedia
Posting Komentar